Agar Tidak Kehabisan Ide

Sudah lama saya nggak aktif nulis lagi, mungkin ada sebulan lebih. Memang sengaja lagi puasa sosmed dan alhamdulillah sekarang sudah berbuka.

Inget banget dulu saya pernah lumayan produktif nulis, bisa dibilang hampir setiap hari bisa nulis panjang-panjang. Lumayan heran sih, kok bisa ya bisa seproduktif itu nulisnya? Kok ada aja ide yang buat tulisan.

Bertolak belakang ketika saya berniatan aktif nulis lagi beberapa hari ini, bingung mau nulis apa. Setelah nonton salah satu video di Youtube, saya pun tercerahkan. Akhirnya, saya flashback ketika masih produktif-produktifnya.

Dulu setiap hari baca buku, baik tentang bisnis maupun pengembangan diri. Kalau pun nonton Youtube, pasti gak jauh-jauh dari kajian, bedah bisnis, atau wawancara tokoh sukses.

Nah, akhirnya ketemu. Penyebab kehabisan ide adalah minimnya informasi baru yang saya terima. Saya kurang aktif untuk mencari ilmu, kurang gerak, dan lain sebagainya. Saya kurang peka akan kondisi sekitar.

Kalau kamu sekarang kehabisan ide untuk membuat konten atau apapun itu, mungkin penyebabnya gak jauh-jauh dengan apa yang saya sebutkan tadi.

"Solusinya gimana dong, Mas?"

Ya kebalikan dari penyebab kenapa kamu kehabisan ide. Intinya, serap sebanyak mungkin informasi yang kamu butuhkan saat ini. Dengan banyaknya informasi yang kamu dapat, otakmu akan memberikan respons berupa persetujuan ataupun sanggahan-sanggahan dalam pikiranmu.

Dan output-nya akan menjadi ide-ide yang semakin liar.

Maka kamu akan mulai berpikir,

"Wah aku harus nyampein ini nih ke banyak orang."
"Ilmu ini gak boleh aku simpen sendiri pokoknya, orang lain juga harus tahu!"
"Aku harus menyampaikan keresahan ini, biar orang yang sepertiki merasa terwakilkan!"

Dan lain sebagainya.

Kalau informasi yang kamu dapatkan terus bertambah, InsyaAllah gak bakal kehabisan ide. Dan jangan lupa, amati lingkungan sekitarmu, mungkin saja ide berkeliaran di sana.

Oke itu aja cara agar tidak kehabisan ide. Terima kasih sudah mau membaca.

Salam,

David Aji Pangestu
Agar Tidak Kehabisan Ide Agar Tidak Kehabisan Ide Reviewed by David Aji Pangestu on 7/30/2020 10:09:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.