Cara Mengatasi Susah Tidur


Bicara masalah tidur, pasti hampir semua orang pernah mengalami kesulitan tidur. Apagi saat kondisi seperti ini, ketika #DiRumahAja menjadi kewajiban, pasti bertambah pula orang-orang yang jam tidurnya berantakan.

Kalau kamu merasakannya juga, boleh lanjut ya bacanya.

Sebelum kita bahas gimana solusinya mengatasi masalah ini, kita harus tahu apa sih yang menyebabkan banyak orang jam tidurnya berantakan?

Semua orang mempunyai jawaban berbeda-beda, tapi kalau boleh saya tarik kesimpulan yang paling umum penyebabnya adalah TERLALU SERING MAINAN GAWAI SAMBIL REBAHAN.

"Emang salah, Mas?"

Sebenarnya nggak sepenuhnya salah juga. Tergantung apa yang kita mainkan di gawai ketika rebahan itu.

Misal lagi jualan online, mungkin saja karena terlalu capek, kita membalas pesan dari pembeli dengan rebahan. Dan memang, itu nyaman banget. Hehe. Rebahan sambil menerima transferan.

Yang jadi masalah adalah ketika rebahan itu kita mainan gawai dengan membuka sesuatu yang bikin ketagihan dan gak ada habisnya. Apa itu? Srolling timeline dan Youtube-an misalnya.

Kalau dituruti semalaman, konten sosial media dan Youtube gak ada habisnya, apalagi kalau sambil rebahan, bisa betah berjam-jam. Yang tadinya ngantuk tiba-tiba matanya terbuka lebar. Benar, nggak? 😁

Iyain aja, saya juga pernah mengalaminya.

Aktivitas bermain gawai sambil rebahan dengan tujuan yang kurang jelas membuat otak kita terus bekerja semalaman. Mudahnya, otak kita dipaksa untuk terus aktif karena ada gawai di genggaman kita.

Kalau menurut hukum kebiasaan, otak kita sudah terbiasa aktif walau dalam keadaan lelah sekalipun, karena terlalu sering bermain gawai.

Nah kalau sudah tahu alasannya gini, kita cari tahu solusinya bersama-sama.

Solusinya bermacam-macam, tapi saya menarik garis besarnya aja; JAUHKAN GAWAI KETIKA KITA ADA DI KAMAR.

"Kenapa harus gitu, Mas?"

Biar otak kita gak mengidam ingin mainan gawai lagi. Putus rantai kebiasaan jam tidur kebiasaan dengan memotong tanda awalnya; mainan gawai.

Berdasarkan pengalaman, niatnya saya jam 10 saya sudah mau tidur. Iseng-iseng menyalakan data internet di gawai. Dan alhamdulillah, akhirnya keterusan sampai jam 2 pagi.

Padahal awalnya jam 10 sudah lumayan ngantuk, gara-gara iseng jadi begadang lagi.

"Hmm susah Mas kalau jauh dari gawai sebelum tidur..."

Lebih susah lagi kalau kita punya kebiasan buruk yang sudah terlanjur mengakar. Apa itu? Jam tidur yang berantakan.

Apalagi buat yang masih muda. Saya yakin pasti produktivitasnya menurun dan daya tahan tubuhnya juga ikut menurun.

Kalau sekarang belum merasakan kedua hal di atas, pasti efeknya akan berdampak ketika kita tua. Gara-gara jam tidur berantakan, kita menggadaikan kesehatan di masa tua.

Mulai sekarang, kalau waktunya kerja ya kerja. Lakukan dengan efektif dan efisien. Buat seproduktif mungkin. Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas.

Kalau jamnya tidur ya tidur. Jauhi gawai ketika mau naik ke tempat tidur. Kenapa? Biar gak kebablasan. Kasihan tubuh kita kalau kurang tidur. 

Kalau sudah bisa menghilangkan kebiasaan scrolling timeline sebelum tidur, lalu jam tidur yang sudah mulai teratur, InsyaAllah hidup akan lebih bahagia. Pada saatnya, kita akan dengan mudah terlelap dalam hitungan kurang dari satu menit ketika naik ke tempat tidur.

Merasa postingan ini bermanfaat? Boleh bagikan ke teman terdekatmu ya 😁
Cara Mengatasi Susah Tidur Cara Mengatasi Susah Tidur Reviewed by David Aji Pangestu on 7/30/2020 10:14:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.