Belajar Materi Dulu atau Langsung Latihan Soal?


Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam konteks persiapan UTBK. Hal ini ditanyakan untuk mengetahui sebenarnya efektif mana sih, antara belajar materi dulu atau langsung latihan soal?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu diketahui bahwa:

1. UTBK merupakan tes seleksi masuk perguruan tinggi
2. Tes jenis ini tingkat kesulitannya melampaui ujian sekolah karena sifatnya memang untuk menyeleksi mahasiswa baru sesuai kuota yang telah disediakan
3. Materi yang diujikan di UTBK tidak ditentukan secara jelas batasan-batasannya

Intinya, UTBK itu lebih sulit dari ujian sekolah dan materi yang diujikan pun tidak ada batasan yang jelas, jadi kemampuan kita dalam mempelajari banyak hal secara mendalam akan sangat diuji di tes jenis ini.

Selain untuk menyeleksi "siapa yang berhak" menjadi mahasiswa di kampus terkait, menurut saya pribadi, materi yang keluar di UTBK ini juga sebagai dasar agar bisa survive di dunia perkuliahan.

Materi saintek atau pun soshum pasti akan dibutuhkan guna memperluas cakrawala dalam mempelajari mata kuliah jurusan yang dipilih calon mahasiswa. Selain itu, materi yang ada di TPS pun akan sangat berguna untuk dasar bernalar dan berlogika.

Balik ke pertanyaan,

"Belajar materi dulu atau langsung latihan soal?"

Jawabannya adalah tergantung masing-masing individu. Jika 'hanya' untuk bisa masuk perguruan tinggi, saya kira latihan soal saja sudah cukup. Asal benar-benar dimaksimalkan dan dirutinkan. Namun, jika UTBK juga dijadikan sebagai bekal agar bisa survive pas kuliah, jawabannya adalah belajar materi dulu baru latihan soal.

Kalau saya pribadi, menyarankan opsi kedua, yaitu belajar dulu baru latihan soal. Ini yang saya lakukan dulu dalam waktu kurang 3 bulan belajar UTBK dan bisa lolos masuk UGM lewat SBMPTN.

Saya meyakini bahwa belajar UTBK nggak hanya untuk lolos PTN, tetapi sekaligus sebagai bekal agar bisa survive pas kuliah. Selain itu, memang saya niatkan untuk menambal ketertinggalan semasa SMA dan mempertajam pikiran.

Soal UTBK cukup kompleks, sangat disayangkan jika hanya latihan soal tanpa mengetahui asal-usul atau esensi dari soal yang ada. Rumus sukses UTBK versi saya adalah:

Belajar Materi + Latihan Soal + Try Out + Evaluasi

Belajar materi lalu latihan soal, ulangi sampai menguasai beberapa materi. Dua minggu sekali, coba ikut Try Out agar bisa sedikit merasakan suasana ketika UTBK sekaligus belajar manajemen waktu dalam mengerjakan soal. Usahakan benar-benar fokus dan tidak searching jawaban di internet atau buka catatan. Hal ini untuk mengukur kemampuan kita yang sebenarnya. Jika Try Out selesai, beri jeda beberapa jam lalu evaluasi soal-soal yang sudah dikerjakan. Dari sini, kita akan tahu penguasaan materi apa saja yang harus ditingkatkan.

Sederhananya, itulah yang saya pernah lakukan ketika persiapan UTBK. Bagi saya sendiri, ini sangat efektif. Jika kamu juga berpikir demikian, silakan gunakan cara sederhana ini. Sudah terjawab, ya?

Selamat belajar!

Salam,

David Aji Pangestu
Founder Prakuliah

Belajar Materi Dulu atau Langsung Latihan Soal? Belajar Materi Dulu atau Langsung Latihan Soal? Reviewed by David Aji Pangestu on 12/25/2020 09:09:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.