Gabung Panitia PPSMB UGM, Worth it?

 

Februari, sejak dua tahun lalu, merupakan bulan yang spesial bagi saya. Di tahun 2021, saya memutuskan untuk menjadi panitia PPSMB UGM, atau lebih sering akrab disebut panitia Palapa (Palapa merupakan nama 'komunitas' bagi mahasiswa UGM yang menjadi panitia PPSMG UGM). Pengalaman tahun pertama menjadi panitia PPSMB UGM sudah pernah saya tulis setahun lalu. Bisa baca di sini.

Di akhir tulisan tersebut, saya sudah sedikit menyinggung bahwa akan lanjut di kepanitiaan ini dengan divisi yang sama, yaitu Divisi Materi. Alhamdulillah, benar-benar lanjut meskipun tidak di bagian yang awalnya saya rencanakan. Di PPSMB UGM 2022, saya bertanggung jawab di materi softskills bersama satu orang lainnya. 

Di tulisan ini, saya tidak akan menceritakan secara detail apa saja yang dilakukan sebagai panitia PPSMB UGM. Hal tersebut sudah pernah saya singgung di tulisan sebelumnya, terutama Divisi Materi dan Co-fasilitator. Namun, jika memang dibutuhkan, bisa menghubungi saya via Instagram. Fokus tulisan kali ini adalah menjawab pertanyaan "Mengapa kepanitiaan ini worth it untuk mahasiswa tahun pertama dan kedua?".

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, saya akan menjabarkan dalam beberapa poin. Berikut alasannya:

1. Kepanitiaan Tingkat Universitas

Di UGM, kepanitiaan itu banyak banget. Hampir setiap minggu ada pembukaan/pendaftaran. Mulai dari tingkat departemen, fakultas, hingga universitas. Nah, PPSMB UGM sendiri merupakan kepanitiaan tingkat universitas.

Maka dari itu, panitia yang bergabung juga sangat beragam. Dari berbagai fakultas yang ada di UGM. Hal ini menyebabkan PPSMB UGM merupakan tempat yang cocok untuk saling mengenal mahasiswa dari fakultas lain sekaligus menjalin relasi jangka panjang.

Selain itu, dikarenakan di tingkat universitas, kepanitiaan cenderung rapi dalam pembagian dan koordinasi kerjanya. Maka tidak heran, ketika ikut organisasi atau kepanitiaan lain, saya akan menjadikan PPSMB UGM sebagai tolok ukur.

2. Diselenggarakan Setiap Tahun

Salah satu tujuan adanya panitia PPSMB UGM adalah untuk mempersiapkan orientasi bagi mahasiswa baru di UGM. Maka dari itu, tentunya kepanitiaan ini akan diselenggarakan setiap tahun.

Poin ini menjadikan PPSMB UGM memungkinkan panitianya dapat bekerja sama lintas angkatan. Selain itu, juga akan ada diskusi intens dengan dosen untuk divisi tertentu. Lagi-lagi, memperluas relasi dan pengetahuan.

3. Kepanitiaan Berlangsung dalam Beberapa Bulan

Biasanya, kepanitiaan di tingkat mahasiswa hanya berlangsung dalam satu atau dua bulan. Namun, PPSMB UGM berlangsung sedikit lama yaitu 4 sampai 5 bulan tergantung divisi. Untuk Divisi Materi sendiri, sudah mulai aktif di akhir Maret dan berakhir menjelang akhir bulan Agustus.

Hal ini menyebabkan bonding yang cukup kuat antar panitia dikarenakan telah menjalani dinamika sekitar lima bulan. Bahkan, seringkali teman yang ditemui di PPSMB UGM akan berlanjut hingga di kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik lainnya. 

Kedekatan ini sangat menguntungkan karena memungkinkan kita mempunyai teman yang satu frekuensi (asumsinya akan terseleksi dengan dinamika PPSMB UGM) dalam beberapa bulan. 

Di atas adalah beberapa alasan mengapa menjadi panitia PPSMB UGM itu worth it. Terlepas dari memang tanggung jawabnya yang cukup berat, kepanitiaan ini memang sangat layak untuk diperjuangkan dan dituntaskan! 

Ada niatan menjadi PPSMB UGM di tahun berikutnya?

Bonus: 

Bersama Task Force


Divisi Materi dan Divisi KSK PPSMB UGM 2022

Jalan-jalan ke Solo (cakep)


Bersama Bu Idei setelah Outbond

Setelah Transfer Materi di FKG (?)


Foto bersama di Acara Talkshow Najwa Shihab




Gabung Panitia PPSMB UGM, Worth it? Gabung Panitia PPSMB UGM, Worth it? Reviewed by David Aji Pangestu on 2/20/2023 12:28:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.