Kita Tidak Bisa Menilai Seseorang Hanya dari Satu Pengalaman Hidup


Hidup manusia itu memang unik. Satu individu dan individu lainnya memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Sekalipun saudara kandung bahkan kembar, pasti manusia mengalami pengalaman yang berbeda dan hal tersebut membentuk dirinya dalam memandang dunia.

Akan tetapi, dari sekian banyak pengalaman tersebut, tidak semuanya baik. Dalam hidup, manusia terkadang akan mengalami pengalaman-pengalaman yang kurang mengenakkan. Bahkan, beberapa dari pengalaman kurang mengenakkan tersebut membekas cukup lama dan membentuk diri seseorang dalam memandang sesuatu.

Fakta lain yang kurang mengenakkannya adalah orang lain yang mengetahui pengalaman buruk individu tersebut, cenderung me-labelling dengan stigma tertentu. Labelling tersebut umumnya terjadi karena orang lain yang mencoba menilai individu tersebut tidak mengetahui konteks lengkap sehingga kesimpulan yang diambil cenderung sepihak dengan berdasar pada pandangan yang sempit.

Bagiku, seseorang itu tidak bisa dinilai semata dari masa lalunya. Sejahat apapun masa lalu seseorang, jika ketika berinteraksi dengan kita dia sudah menunjukkan perubahan baik dan tidak ada kecenderungan untuk berbuat jahat kepada kita, tidak ada untungnya untuk menghakimi masa lalu individu tersebut. Kita menyediakan ruang untuk orang lain agar percaya dengan dirinya sendiri dan berubah menjadi individu yang lebih baik.

Baca juga: Bagiku, Love Language Itu Seperti Cara Belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik), Ia Perlu Adaptif 

Keyakinan ini berdasar pada kepercayaan bahwa setiap manusia itu berharga, terlepas dari apa yang dilakukan atau terjadi di masa lalu. Hal-hal kurang mengenakkan di masa lalu sudah lewat dan hanya perspektif tentangnya yang bisa kita ubah, bukan kejadiannya. Tanamkan dalam diri kita masing-masing bahwa setiap manusia punya masa kini dan masa depan yang berhak dia jalani dengan lebih baik dari masa lalunya.

Dalam kalimat lain, dapat kita ungkapkan bahwa satu pengalaman hidup tidak dapat menggambarkan satu kehidupan utuh seseorang yang sangat kompleks.


Kita Tidak Bisa Menilai Seseorang Hanya dari Satu Pengalaman Hidup Kita Tidak Bisa Menilai Seseorang Hanya dari Satu Pengalaman Hidup Reviewed by David Aji Pangestu on 1/07/2024 11:15:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.